Senin, 26 April 2021

POHON SEJUTA CERITA

Sekolah kami termasuk salah satu sekolah yang cukup asri dan teduh karena banyak terdapat pepohonan baik pohon berbuah maupun tanaman hias. Diantara sekian banyaknya pohon di sekolah kami masih didominasi oleh pohon rambutan dan mangga. Meski pohon rambutannya jauh lebih banyak daripada pohon mangga. Dahulunya sekolah kami memang merupakan kebun rambutan sehingga wajar jika banyak terdapat pohon rambutan. Namun, dari sekian banyaknya pohon rambutan ada sebuah pohon rambutan yang sangat spesial dan unik.


Pohon rambutan spesial ini terletak tepat di “jantung” halaman sekolah kami, kami menyebutnya begitu karena letaknya yang sangat strategis. Entah mengapa, jika berada di sekitar pohon tersebut menimbulkan aura positif dan udara serta angin sepoi-sepoinya membuat kita betah dan enggan untuk beranjak jika sudah berada di bawahnya. Dahulunya pohon rambutan ini sangat kokoh dengan batang-batangnya yang menjulang perkasa seakan-akan ingin menembus angkasa. Kini batangnya tinggal beberapa saja namun masih tetap dengan kerindangannya.

Para guru dan anak didik seringkali bercengkerama di bawah kerindangannya sambil bercanda dan tertawa bersama. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk menasehati anak-anak didik jika ada perilaku kurang baik yang telah dilakukannya. Karena tempatnya sejuk sehingga anak juga lebih rileks dan enjoy saat menerima nasehat dari gurunya. Tidak hanya itu saja, para orang tua muridpun sering berada di bawah kerindangannya untuk sekedar bercengkerama ataupun membicarakan banyak hal terutama program sekolah.

Beberapa kali permasalahan yang berkaitan antara anak didik, antara orang tua, bahkan antara guru juga terselesaikan dengan baik dan dengan cara yang sederhana di bawah pohon tersebut. Yang paling seru ternyata pohon ini juga menjadi area spot bagi siapa saja yang berfoto ria maupun berselfie ria di sekolah ini.

Namun, dari semuanya itu ada satu yang masih menjadi pertanyaan yang belum terjawab dengan mutlak yakni pohon rambutan ini memiliki buah yang sangat lebat serta rasa yang manisnya sangat tertakar, sangat berbeda dengan pohon rambutan lainnya. Padahal saat musim rambutan tiba semua pohon rambutan berbuah secara barengan karena jenisnya sama. Biasanya pohon rambutan spesial ini selalu berbuah terlebih dahulu dibandingkan lainnya. Mungkin Allah lebih memberkahi pohon rambutan spesial ini, karena di bawah pohon ini seringkali para anak didik belajar Tahfidz dengan cara murojaah hafalan-hafalan Al Qur’an sehingga turunlah “nikmat yang berlebih” dari Allah SWT... Wallahu alam bishowab.

Kamu memang hanya sebuah pohon rambutan yang tidak beda secara bentuk dengan pohon lainnya, namun dirimu adalah POHON dengan SEJUTA CERITA.... Cerita itu akan terus mengiang di pikran kami dan tertanam di hati kami sampai dirimu rebah dan berganti dengan cerita lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar